Laman

Rabu, 05 Juni 2013

Pensiun Dini


Meninggalkan dakwah itu perkara yang amat-amat mudah. Kita tinggal sedikit demi sedikit menjauhinya saja. Ndak aktif lagi tanpa kabar. Ndak respon saat dihubungi. Ndak datang saat diundang. Nah, intinya bersikap cuek saja dan sibukkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu, kita masih dikenal sebagai aktivis dakwah, tapi sebenarnya semua itu hanya label. Tapi apa untungnya bersikap begitu?
Saya coba merenung. Meninggalkan dakwah itu perkara mudah. Sangat mudah. Tapi ternyata jauh lebih mudah bagi Allah untuk mencari pengganti kita yang jauh lebih baik untuk menggerakkan dakwah ini. Ya, jauh lebih mudah bagi Allah. Tak sedikitpun dakwah dirugikan jika seseorang 'pensiun dini' darinya. Dakwah akan terus berjalan, dengan atau tanpa kita. 
Kita terlibat dalam amal kebaikan memang bukan untuk menghimpun materi. Bahkan, boleh jadi, ada banyak yang kita miliki harus dikorbankan. Ya, kita tidak sedang menimbun harta berlimpah. Kita terlibat dalam dakwah karena kita berharap barakah. Jika kita 'resign' dari amal kebaikan itu, apapun alasannya, ada satu hal yang dikhawatirkan: dicabutnya barakah dari hidup kita. Hilangnya rasa qanaah terhadap kepemilikan diri kita. Tiba-tiba kita menjadi orang yang 'kemaruk' dengan urusan dunia, sekecil apapun ia. Seakan-akan kita berbuat kebaikan, padahal yang kita lakukan tak lebih dari aktivitas remeh yang disesaki oleh hasrat terhadap uang. Semakin kita kejar, rasa puas tak pernah terpenuhi. Kebutuhan terasa tak pernah tercukupi. Jika itu yang dirasakan, sesekali kita perlu menelisik, jangan-jangan barakah itu mulai dicerabut dari hidup kita.
Jika itu yang terjadi, berhentilah sejenak. Sadari bahwa ada kerugian besar yang menimpa diri kita. Tapi jika hal itu luput disadari, sedikit demi sedikit kita mulai menjauh dari amal kebaikan, menjauh pula dari komunitas kebaikan. Lambat laun, kita jadi berubah. Cara kita berpikir, berasa, dan bersikap mulai bergeser. Mungkin ndak disadari. Kita mulai bermental sebagai penonton dan tidak lagi memiliki mental pemain. Setiap nasihat yang disampaikan terasa ditujukan kepada kita. Kita meras disindir dan dipojokkan. Padahal, tidak untuk maksud itu nasihat diberikan. Karena telah teramat kering hati kita dari kebaikanlah yang menyebabkan nasihat seperti apapun terasa menyindir kita. Jika itu yang terjadi, segeralah untuk menyadari.
Selengkap apapun kostum kesebelasan yang kita kenakan, jika kita hanya duduk di tribun, tetap saja kita bukan pemain. Kita hanya penonton. Yang hanya berteriak, “Aaaaaaa..” ketika mereka belum berhasil mencetak angka, dan hanya ikut-ikutan bangga saat para pemain itu merebut juara…***

#taujih dari seorang guru dan (belajar) menghayati firman-Nya:

سورة الضحى *
 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ *
 وَالضُّحَى ﴿١﴾
By the morning brightness
 وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى ﴿٢﴾
,And (by) the night when it covers with darkness
 مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى ﴿٣﴾
(Your Lord has not taken leave of you, (O Muhammad), nor has He detested (you.
 وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْأُولَى ﴿٤﴾
.(And the Hereafter is better for you than the first (life
 وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى ﴿٥﴾
.And your Lord is going to give you, and you will be satisfied
 أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيماً فَآوَى ﴿٦﴾
?Did He not find you an orphan and give (you) refuge
 وَوَجَدَكَ ضَالّاً فَهَدَى ﴿٧﴾
?(And He found you lost and guided (you
 وَوَجَدَكَ عَائِلاً فَأَغْنَى ﴿٨﴾
.And He found you poor and made (you) self-sufficient
 فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ  ﴿٩﴾
.(So as for the orphan, do not oppress (him
 وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ ﴿١٠﴾
.(And as for the petitioner, do not repel (him
 وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ   ﴿١١﴾
.(And as for the favor of your Lord, report (it

3 komentar:

  1. jadi ini teh tulisannya mba sasa atau tulisannya anti yak? hehehe, gurunya mba sasa yaaa?? :P

    eh salam kenal, anti teladan ta?angkatan berapa? ini nada tld 11 :)

    BalasHapus