Laman

Senin, 26 Desember 2011

Ara Kangen!

Sebelum Ara cerita, kenalan dulu ya. Nama Ara tuh benernya Zahra. Kata abah, waktu Ara baru lahir dulu warna Ara merah jambu seperti warna bunga mawar ummi. Kata abah, Ara cantik deh... jadinya Ara dikasih nama Zahra yang artinya bunga. Ara pingin sampe nanti Ara besar warna Ara tetep merah jambu, biar Ara jadi cantik terus.

Ara sekarang tujuh tahun, udah sekolah di SDIT. Abah Ara jadi dokter, ummi juga jadi dokter. Kalo ummi kerjanya di rumah sakit, kalo abah kerja di rumah sakit dan di sekolah aneh juga. Ummi bilang sekolah itu buat anak-anak yang berkebutuhan khusus. Ara nggak ngerti artinya berkebutuhan khusus itu apa. Ara juga bingung, dokter kok kerjanya di sekolah aneh? Ara dulu pernah diajak sama ummi ke sekolah aneh itu. Tau nggak, masa di sana ada udah segede Ara tapi belom bisa ngomong, dieemm aja, terus matanya melotot gede, mana masih suka ngeces lagi. Ada juga yang lebih gede dari Ara tapi kalo makan masih disuapin, belom bisa pake sepatu sendiri dan belom bisa baca. Aduh, pokoknya kasian deh. Ara harus banyak bersyukur nih. Kata abah, abah kerja di sana bantu mereka biar bisa ngomong, bisa jalan, bisa makan sendiri.

Ara sekarang lagi pingiiinn banget punya adek bayi, gara-gara temen Ara, Yasmin baru punya adek bayi. Kata Yasmin, adek bayinya lucu. Ara udah tanya sama ummi, tapi ummi bilang kalo di dalem perut ummi sekarang ada penyakitnya yang nggak bisa sembuh. Jadinya perut ummi nggak bisa jadi gendut buat tempat bobok adek bayi. Ummi itu suka meriksa ibu-ibu yang perutnya gendut, tapi kok ummi bisa sakit dan perutnya nggak bisa gendut lagi ya? Ara jadi sediiihhhh... waktu dikasih tau kalo Ara nggak bisa punya adek bayi kaya Yasmin. Ara di rumah kesepian sih. Kakak-kakak Ara semuanya boarding school, sekolah tapi nggak pulang ke rumah. Mas Daffa, mbak Syifa, mas Ammar, mas Faiz, sama mbak Najma di asrama terus. Kalo Ara bisa punya adek bayi kan enak, Ara ada temennya. Abis biasanya Ara cuma ditemenin mbok Sumi aja. Abah sama ummi kan kerja.

Abah kalo pulang sore barengan sama ummi. Tapi kalo hari Senin sampai Rabu banyak orang sakit yang dateng ke rumah, kata abah itu namanya praktek. Kalo orang-orang yang sakit itu udah pulang, Ara udah mau bobok. Terus kadang-kadang abah juga banyak urusan di mesjid. Jadi Ara jarang bisa main-main sama abah. Biasanya cuma main sama ummi aja, tapi itu dulu sebelum ummi ikut-ikutan abah ambil S3. Kalo sekarang ummi pulangnya udah sore, soalnya harus ke kampus sama ke rumah sakit. Belom lagi setiap hari Kamis dan Sabtu banyak amah yang dateng ke rumah, ummi bilang amah-amah itu belajar ngaji sama ummi. Karena ummi udah capek habis kuliah, kadang juga pulang bawa stopmap dari rumah sakit, kalo ummi baca itu suka mijit-mijit kepala, Ara sekarang jadi nggak pernah dibikinin nugget, kue coklat, dan puding kurma lagi.

Ara sekarang makan kue coklat yang ummi beliin di toko. Ara nggak suka, enakan kue coklat bikinan ummi. Terus tiap malem yang ditanya ummi cuma pe-er Ara, pe-er... mulu. Kalo udah, disuruh ngaji sama ngafalin juz ‘amma, kata ummi tinggal dua surat, bentar lagi juz 29. Ara kan bosen. Ara pinginnya hafalan sambil jalan-jalan kaya dulu. Ara juga pingin main puzzle, melukis ato cerita-cerita lagi. Ara kan punya banyak cerita tentang adek bayinya Yasmin, tentang ustadz dan ustadzah Ara di sekolah. Ummi sekarang jarang cerita lagi, kalo cerita juga pendek-pendek, nggak kaya dulu. Masa kaya kemaren ya, lagi enak-enaknya Ara cerita, ummi ternyata ketiduran, kan jadinya Ara kesel banget.

Ustadzah Ara di sekolah bilang kalo anak yang shalihah itu harus bisa ngerti abah dan umminya. Kan abah dan ummi udah capek-capek kerja, jadi Ara nggak boleh nakal. Kalo abah ato ummi capek, Ara harus bisa main sendiri, nggak boleh ganggu, gitu kata ustadzah. Ara pingin jadi anak yang shalihah, jadi Ara harus ngerti abah dan ummi. Lagian ummi dan abah kan baik, suka nolong orang.

Ustadz Ara juga bilang kalo kita harus saling tolong-menolong. Tapi Ara kan capek... Ara sedih. Kadang-kadang Ara mikir enakan jadi orang sakit di rumah sakit, biar bisa ketemu ummi tiap hari, bisa main-main sama Abah sampe puas, nggak cuman hari Ahad aja. Apalagi kalo hari Ahad abah sama ummi ada outbound ato ngisi acara di luar kota, Ara kan nggak bisa main-main.

Tapi kan kalo orang sakit itu musti disuntik, nah, Ara tuh takut banget sama jarum suntik. Jadi gimana dong? Ehm, kalo Ara sekolah di sekolah aneh juga enak, biar bisa main sama abah terus. Di sana abah sering makein sepatu mereka dan sering mainan ama mereka. Ara nggak suka. Itu kan abahnya Ara bukan abahnya anak-anak aneh itu. Tapi Ara nggak bisa sekolah di sana. Kata abah soalnya Ara pinter, bisa makan sendiri, bisa pake sepatu sendiri. Jadi Ara harus tetep sekolah di SDIT.

Yah... gimana dong? Tolongin Ara. Ara takut bilang sama ummi dan abah, Ara nggak pingin bikin ummi dan abah susah. Ara pingin jadi anak yang shalihah kaya ustadzah bilang, yang nggak boleh nakal dan bikin repot abah dan umminya. Tapi Ara sedih. Ara kan kangen abah, Ara pingin main kuda-kudaan lagi di punggung abah. Ara juga kangen ummi, Ara pingin makan lagi kue coklat bikinan ummi.

Ara sediiihh… Abah, Ara kangen, Bah... Ummi, Ara kangen, Mi...

Udah dulu ya. Gini aja cerita Ara... Moga-moga abah dan ummi yang lagi baca ini bisa sering ketemu dan sering main dengan anak-anaknya. Biar anak-anaknya nggak sedih kaya Ara yang kesepian. (an-261211)


dapat 'protes' dari jundi-jundiku

setelah sekian waktu tak bertemu

maaf ya, Nak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar